Kamis, 25 April 2013

TV (Red Green Blue) RGB.

TV (Red Green Blue) RGB

Bagian RGB adalah satu bagian pengolah warna pada layar monitor diantaranya adalah layar tabung TV. Bagian ini terdiri bagian besar pengolahan yaitu IC pengolah warna RGB terletak pada Matheboard (PCB induk) dan penguat arus atau watt-nya diperbesar terletak bagian ekor tabung TV pada PCB kecil yang menjadi satu dengan PCB soket tabung layar TV berupa transistor sebanyak 3 transistor. Semakin lama semakin kecil watt yang diperlukan untuk mengatur RGB dan lainnya, maka pada bagian ini generasi sebelumnya merupakan transistor berdaya besar bentuknya kotak dan dipasang pendingin pada tiap transistor TV generasi sekarang ini cukup dengan transistor yang berdaya kecil dari generasi TV sebelumnya yaitu sudah tidak memerlukan pendingin.

Peran RGB mengolah warna pada tabung yaitu warna Merah, Hijau, Biru jika salah satu warna tidak bekerja atau ada kerusakan pada pengolah warna maka akan kehilangan beberapa warna yang tidak terdapat pada gambar karena hasil akhir dari pengolahan warna adalah perpaduan dari tiga bintik warna yang berada pada layar atau hasil campuran tiga bintik yang dapat kita lihat sebagai warna campuran ketiga warna itu dengan perbandingan sesuai dengan kuat sinyal dari, pemancar, player CD, player DVD, dll.

Kerusakan yang sering adalah pada penguat arus yang terakhir yang terletak pada PCB kecil pada ekor tabung TV yaitu 3 transistor urutan yang kedua kerusakan pada IC RGB bagian driver yang dikemas menjadi satu dengan pengolahan-nya. Dari kedua bagian inilah sering kali rusak sedang pada RGB tabung layar hampir tidak pernah terjadi.

Beberapa kerusakan yang sering terjadi salah satu warna hilang atau lebih :

A. Bagian penguat akhir RGB
  1. Warna Merah.
  2. warna Hijau.
  3. Warna Biru.
Untuk mengetahui satu warna yang hilang atau lebih dari efek hilangnya satu warna atau dua warna, lihat pada gambar-1. Tiga (3) lingkaran cahaya warna seperti pada gambar-1. Jika salah satu transistor rusak ganti saja satu caranya yaitu ukur tegangan (voltase) Voltasenya transistor Silikon jika transistor itu baik atau bekerja, pada Veb = 0,6 Volt, jika transistor susunan darlington merupakan kelipatan-nya 2.Veb = 1,2 Volt 3.Veb = 1,8 Volt, jika diluar tegangan itu berarti transistor rusak. Atau dengan cara mengganti ketiga transistor itu ini cara yang paling praktis dan sering dilakukan oleh tukang servis TV.

B. Bagian IC RGB.

Kerusakan bagian IC RGB bisa saja gejalanya hampir sama dengan diatas tapi yang sering pada kerusakan ini adalah layar gelap tanpa cahaya, keadaan ini bisa juga kerusakan pada IC RGB atau bagian lain misal pada sumber tegangan IC RGB ini atau pada sumber tegangan bagian vilamen Layar Tabung.

Kerusakan IC tidak dapat diukur dan tidak dapat diketahui dengan mudah tanpa melihat daftar spefikasi IC yaitu dengan cara mengukur pada tiap kaki IC dicocokkan dengan daftar atau tabel pengukuran pada tiap kaki IC jika menyimpang jauh atau banyak Voltase pada kaki IC yang menyimpang jauh dari tabel pengukuran bearti IC rusak, pengukuran ini ada toleransi-nya ada kaki-kaki IC yang bergeser sedikit dari tabel.

Untuk mencari daftar spefikasi IC atau mencari Buku IC tidak mudah, karena IC bisa saja keluar lebih dulu dipasaran sedangkan percetakan belum tentu mencetak dan mengeluarkan Buku. Berdasarkan pengalaman Voltase pada kaki-kaki IC yang rusak voltase-nya biasanya hampir sama semua yaitu mendekati Voltase sumber tegangan (Vcc) atau Voltase tiap kaki sama dengan sumber voltase-nya, dengan ini perhitungan kebenaran rusaknya IC dapat diketahui. Ada kalanya tidak semua voltase kaki IC sama tapi banyak yang sama mendekati atau sama dengan voltase Vcc pada bagian penguat driver yang output-nya menuju transistor penguat arus pada PCB kecil yang melekat pada ekor layar tabung.

Kerusakan RGB tidak mempengaruhi suara karena pengolahan suara jalurnya terpisah dengan pengolah jalur RGB pada pengolahan terpisah akan tetapi pada TV generasi sekarang IC pengolah suara mulai dari IF sampai pengolahan audio ada yang menjadi satu dengan IC RGB, jika rancangan demikian bisa saja suaranya tidak keluar dan akan keluar lagi suaranya jika sudah diganti IC RGB-nya. Karena itu pembacaan tiap blog rangkaian diperlukan kecerdasan dan ketangkasan untuk membaca dan memperkirakan blog bagian demi bagian hal ini sangat penting untuk mempercepat pemetakan kerusakan TV disamping itu pengukuran pada jalur-jalur PCB harus mahir.

Pada beberapa kerusakan bisa diukur tanpa menggunakan Voltase listrik akan tetapi dengan cara menggunakan Ohm meter dengan perkalian yang bervariasi pada saklar pemindah AVOMETER maka kerusakan dapat diketahui dengan mudah, hal ini harus tahu gambar rangkaian atau dapat memperkirakan sambungan-sambungan kaki yang terhubung. Bagi yang sudah berpengalaman dapat mengukur transistor yang rusak, diode, elco atau komponen lainnya yang rusak sebelum komponen itu dilepas dari PCB. Komponen diukur seperti pengukuran komponen dilepas tapi juga harus tahu sambungan dengan kaki komponen yang lain dengan cara mengetahui berapa Ohm seharusnya jika terhubung dengan kaki komponen lain (paralel) dengan cara mengetahui pola sambungan kaki-kaki komponen.

Jika diketahui komponen itu rusak atau diperkirakan komponen itu rusak maka anda harus mencopot komponen dari PCB dengan cara menyedot dengan sedotan timah setelah timah habis copot komponen dan ukur. Dengan cara ini bisa dicapai dengan akurasi sekitar 90% kerusakan komponen dapat diketahui tanpa menggunakan arus listrik.

Untuk skema blok TV klik 4 link dibawah ini :

Ke artikel - Pesawat Penerima TV-1
Ke artikel - Pesawat Penerima TV-2
Ke artikel - Pesawat Penerima TV-3
Ke artikel - Pesawat Penerima TV-4

Ke artikel _Trouble_Horizontal dan Vertikal

58 komentar:

  1. PADA LAYAR TV TAMPIL BERWARNA HIJAU DAN ADA SALAH SATU REISTOR BAGIAN RGB SANGAT PANAS JIKA TV DIHIDUPKAN

    BalasHapus
  2. Bagian Transistor RGB ada 3 biji, satu Transistor Rusak ganti saja Transistor nya dan Resi storya ganti biasanya sudah soak. Yang rusak biasanya Resistor bagian Emitor TR.

    BalasHapus
  3. Mas klau gambarnya hijau kira" apa ya?
    Ke 3 transistor udah di cek normal.
    Tapi suaranya bagus..

    BalasHapus
  4. kang mau nanya, out voltase rgb di ukur langsung dari micom b 1.5 v, g 1.6v, r3.1v apah normal, tapi ko yg hilanng warna hijau

    BalasHapus
    Balasan
    1. satu transistor tidak berfungsi pada bagian hijau. Ukur masing-masing Basis-Emitor jika 0,6 Volt atau ada juga yang 1,2 Volt berarti baik,jika rusak diluar voltase tersebut.

      Hapus
  5. Bang mau n?..kalau tv warnanya ungu it di sebabkan dari kerusakan sala satu transitor atau bagai mana ya bang..?
    Mohon d balas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Satu transistor RGB rusak, cek juga resistornya {R}

      Hapus
  6. Mas mau tanya nih transistor RGB sudah ganti yg baru kok masih berwarna kuning resistor juga udah ganti semua.tv saya akari 14 " biar lebih tau ini no WA saya 087772818523.mksh sebelumnya

    BalasHapus
  7. Mas mau tanya nih transistor RGB sudah ganti yg baru kok masih berwarna kuning resistor juga udah ganti semua.tv saya akari 14 " biar lebih tau ini no WA saya 087772818523.mksh sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Periksa solderan IC RGB kemungkinan ada solderan yang sudah tidak baik, solderan yang dicurigai sedot timah dengan sedotan timah dan hati-hati menyoldernya jangan sampai terlalu lama harus tepat dan tidak boleh terhubung dengan kaki IC yang lain. periksa juga semua solderan yang ada di sekitar RGB.

      Hapus
  8. Tv sony gambar redup ga ada terangnya dan warna kebiruan gimana ya sudah lakukan semua hal.tapi q coba bongkar rgb yg warna putih didalamnya ada semacam kaya resistor saya ukur ga ada tegangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Flyback perlu di copot dan diperiksakan ke tukang tes Flyback. Kemungkinan sudah tidak optimal fungsinya !!!

      Hapus
  9. Ini nomor WA saya 085774170900 biar bisa belajar

    BalasHapus
  10. Mau tanya mas..tv sony 29 flat lyar gelap scrin klo di besarkan garis" gk ad raster..tetapi klo RGB mnuju crt sya putus smua kdang mau ada tegangan 1,6 kdng gk mau keluar tegangan ..sedangkan tegangan yg msuk ic normal smua..klo ps kluar tegangan q sambungkan ke soket RGB tv lgsung gelap ...apanya ya ms yg rusak apa ic croma udh lemah atau apanya ya ..tolong solusinya mas...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba di periksa elemen pemanas CRT , cek voltase nya .

      Hapus
  11. Boss tv akari soundmax plus saya tidak kluar gambar, hanya layar biru dan bergaris garis buku, saya ukur tegangan RGB dari aisi croma kosong,, mohong pencerahanya boss..

    BalasHapus
  12. Bang,kalo tv standbay di blok rgb(R-G-B) di ukur 115v(setelah melalui resistor),sedangkan klo tv nyala,jalur green naik jdi 180v(stlh melewati resistor),sama dengan tr green dan elco,sedangkan R dan B-nya 1-2v,hasilnya gambar green hilang,,bagaimana cara menurunkan tegangan trsebut?

    BalasHapus
  13. bang, mau tanya, kalau tegangan kb kr kg, 180/ atau hampir 200, apa itu normal, atau engga,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu batas tegangan aman periksa tegangan EB masing-masing transistor dapat diketahui kerusakannya.

      Hapus
  14. mas, kalau nyalain tv dengan melepas soket horijontal yang ke yuke horijontal apa itu aman, soalnya ingin mencari krusakan bagian horijontal

    BalasHapus
  15. Mantap bener ini blog, artikelnya ilmu semua dan bermanfaar buat ane.. thx ya bro yg udah sharing. salam sukses
    https://www.bukalapak.com/p/elektronik/elektronik-lainnya/5pfkd-jual-power-supply-cody-3005dt

    BalasHapus
  16. Slmt malam bos,, maaf mengganggu. Yg saya ingin tanyakan RGB tv samsung slim 21" mempunyai teganngan berbeda sbb; RK=-+160,,GK=-+170,, dan BK=-+90,,Apakah itu normal atau bgm? Thanks,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Januari 2019 16.51
      Apa yang anda maksud TRANSISTOR R, G, B untuk memastikan normal tidaknya priksa Voltase EB tegangan normalnya sekitar 0,6 - 0,7 Volt. Tegangan semua Transistor Silikon sama jika jauh dari ukuran tersebut rusak. Untuk pembagian tegangan bias yang lain dapat berbeda-beda.

      Hapus
    2. Bgmn jika tegangannya dibawah itu (0.4) ya?

      Hapus
  17. apakah bisa mesin tv tabung LG 14 inch di pakek tv tabung akari 21 icnh. mohon pencerahannya terimakasih.

    BalasHapus
  18. Slmt siang bos, ini sya mau tnya ini mesin wicom bagian rgb normal, tp stelah diksih antena wrna merahnya kok gk ada itu bgian mn lg ya yg msti hrs dicek lg. Trm ksh...

    BalasHapus
  19. Slmt siang bos, ini sya mau tnya ini mesin wicom bagian rgb normal, tp stelah diksih antena wrna merahnya kok gk ada itu bgian mn lg ya yg msti hrs dicek lg. Trm ksh...

    BalasHapus
  20. Bang mau tanya adakah persamaan transistor rgb c3229

    BalasHapus
  21. Bantuanya bang. Tv sharp batique slim. Layar redup fokus diputar gambar jadi garis buku. Teg KR 178 KB 178 KG 120. Part yang sudah di ganti. Resistor tr di blok RGB. Elco 250 160 dan resitor di sekitar fbt. Solusinya bang udah mumet ni

    BalasHapus
  22. Mas,,,mau nx n?tv cina blanking warna mirah,,tr warnanya semua sudah diganti tapi tetap saja blanking,dan salah satu tr nya disolderannya keluar asap,,kira2 apanya yg rusak,,mohon solusinya

    BalasHapus
  23. Mas mau tanya,,,tv sony,,klo diyalakan kluar gambarnya agak lama sekitar 10 detik dan lampu hijau berkedip,klo gambar kluar lampu hijau normal ngga berkedip,,,tpi gambarnya dominan kemerahan sama garis2 seprti buku,,,trus lampu merah berkedip 5x dan lampu hijau ngga nyala,,,saya udah ganti ic rgb dan elco2nya,,udah ganti tr vertical dan horizontal,,hasilnya tetep nihil,,,mohon bantuanya mas🙏🙏🙏

    BalasHapus
  24. Mas mau tanya,,,tv sony,,klo diyalakan kluar gambarnya agak lama sekitar 10 detik dan lampu hijau berkedip,klo gambar kluar lampu hijau normal ngga berkedip,,,tpi gambarnya dominan kemerahan sama garis2 seprti buku,,,trus lampu merah berkedip 5x dan lampu hijau ngga nyala,,,saya udah ganti ic rgb dan elco2nya,,udah ganti tr vertical dan horizontal,,hasilnya tetep nihil,,,mohon bantuanya mas🙏🙏🙏

    BalasHapus
  25. Mas mau tanya,,,tv sony,,klo diyalakan kluar gambarnya agak lama sekitar 10 detik dan lampu hijau berkedip,klo gambar kluar lampu hijau normal ngga berkedip,,,tpi gambarnya dominan kemerahan sama garis2 seprti buku,,,trus lampu merah berkedip 5x dan lampu hijau ngga nyala,,,saya udah ganti ic rgb dan elco2nya,,udah ganti tr vertical dan horizontal,,hasilnya tetep nihil,,,mohon bantuanya mas🙏🙏🙏

    BalasHapus
  26. Permisi mas saya mau tanya tv panasonic 14 in layar bluur ga fokus warna nya ke orenan, ituh penyebab nya apa yng rusak nya jalur elko penguat rgb sudah saya ganti semuah.
    trimakasih

    BalasHapus
  27. mas mau tanya cek tr rgb colektor 132 warna kekuning2an apakah teg normal
    tiga2 tr sama 132

    BalasHapus
  28. mas mau tanya tv panasonic
    di of kembali ke 0
    problem pada apanya tolong bantu

    BalasHapus
  29. Persamaan tr bf 421 apa ya mas? Dan bf 422,mhn bantuannya.

    BalasHapus
  30. Persamaan tr bf 421 apa ya mas? Dan bf 422,mhn bantuannya.

    BalasHapus
  31. Mas, ni mau nanya di tv samsung tabung rgb yg di pcb nya ada kode sg551 tu ada kapasitor 1.5 kv E25A di toko gk ada brnya bisa ganti ke yg lain mas, kalau bisa no nya yg berapa ya mas tq

    BalasHapus
  32. Persamaan tr stc 345 apa tlg bantuaannya

    BalasHapus
  33. nanya dong mas
    samsung slim gambar garis buku tegangan rgb normal
    apanya ya yg rusak

    BalasHapus
  34. Bang mau tanya pada PCB tv Sanyo antara R7u dan R7VM untuk kabel kemana ya (kabel warna hitam dari bodi/kawat yang ada pada tabung ke RGB dan kabel merah dari distributor ke RGB

    BalasHapus
  35. Tr yg setara dengan c3229 itu apa min?

    BalasHapus
  36. Sob mau tanya cara tv sanken 21"
    Kerusakan warna dominan merah,terus kalau tanpa dengan reciver gak mau itu apanya Ra?
    Mohon bantuannya trimz sebelumnya

    BalasHapus
  37. Mas mau nanya. Saya punya servisan tv Polytron uslim masalah nya layar nya gelap di putar screen nya layar nampak bergaris kemarah-merahan. Tegangan hampir semua ada kecuali tegangan RGB out dari IC CHROMA gak ada. Terukur hanya 0,6volt. Mohon sarannya bang.

    BalasHapus
  38. Mas mau nanya, di bagian rgb reaiator yg berhubungan dengan tr selalu terbakar, itu kenapa ya, mohon penycerahanya..terimakasih

    BalasHapus
  39. Tv Polytron tegangan RGB dari IC hilang tolong masukannya,maaf pemula

    BalasHapus
  40. Mas saya mau tanta tv alxesander slim.29" layar dominan hijau . apa yag harusa saya cek. Te rgb nya pake tda

    BalasHapus
  41. Ke 3 transistor itu kodenya berapa ya mz

    BalasHapus
  42. Tv tabung china 14inch votre
    Layar blank biru dan suara hilang
    Apakah yg harus di cek

    BalasHapus
  43. Pengganti transistor stc945g113 untuk rgb z yg cocok apa soal z cri di toko elektro susah tolong solusi z

    BalasHapus
  44. Mohon izin mastetr mau nanya..tegangan ic rgb out R:1,7v.G:6v.B:1,7V. Terus di ukur di soket rgb.kb:36v.kr:98v.kg:50v.kondisi layar terang walau scrin plyback diturunkan. Mohon solusi ny master.������

    BalasHapus
  45. IC Keadaan normal kalau kaki-kaki voltasenya Berbeda-beda seperti itu Kelihatannya Normal tapi Kalau banyak tegangan yang hampir sama di kaki-kaki IC itu pertanda rusak. Mungkin itu yang rusak bagian Bright--Contras periksa komponen pendampinya natau pengendali IC seperti Elco dan Tahanan.

    BalasHapus
  46. Gan ane mau tanay ini tivi Polytron gelap vilamen tabung nyala kalo sjrin di naikan cuma gari garis aj out ic RGB Dari IC mikom kecil tapi data arus 5v suplay IC .memory hadir Aru 5va dan 8va juga hadir penggantian masih di IC reset 78r05 belum membuahkan hasil. Monngo klo punya pengalaman berbagi

    BalasHapus

Kritikan dan Saran Anda Penulis butuhkan untuk memperbaiki kualitas blog ini karena blog ini Penulis bertujuan untuk menyampaikan pengalaman dan keahlian khusus untuk generasi Muda, dan jika ada yang salah dalam penulisan Penulis mohon diberitahu benarnya bagaimana, karena Penulis sendiri masih banyak kekurangan.

Penulis ucapkan terimakasih atas kunjungan Anda di blog ini. Untuk pengunjung blog Penulis persilakan untuk ikut memberikan jawaban pada komentator yang menanyakan sesuatu yang dibutuhkan dimana mungkin Penulis kurang memahami atau mungkin belum sempat memberi jawaban, hal ini sesuai tujuan Kita yaitu belajar bersama.

Sekian dan terimakasih banyak dari Penulis.