Rabu, 28 September 2011

Cara menghitung lilitan kawat Transformator-1

Menghitung diameter kawat Trafo.

Untuk menghitung diameter kawat yang diperlukan memerlukan beberapa rumus, dibawah ini rumus yang sederhana dan dapat digunakan untuk membuat trafo, perhitungan ini adalah pelengkap dari perhitungan sebelumnya dari "Cara menghitung lilitan kawat Transformator-2", dengan dua bagian artikel ini anda dapat mempraktekkan untuk membuat trafo yang diperlukan. Minimal anda akan tahu berapa Amper yang diperlukan jika jika suatu rangkaian memerlukan  Voltase dan Watt yang diketahui, dengan ini Trafo tidak akan terlalu panas karena arusnya kurang atau tidak akan drop voltasenya.

Untuk mengtung diameter kawat :
I = W / E
I = besar arus di Primer
E = Tegangan di Primer
W = Tenaga digulingan Primer

Untuk menghitung Primer belum diketahui dengan rumus :
W1 = 1.25 x W2
W1 = Tenaga Primer pada gulungan
W2 = Tenaga Sekunder pada gulungan

Untuk menghitung Tenaga Sekunder dengan rumus :
W2 = E2 x I2
W2 = Tenaga sekunder
E2 = Tegangan sekunder
I2= Arus sekunder

Hitung jika di perlukan transformator Tegangan 9 Volt dengan arus yang diperlukan sebesar 500 mA
I2 = 500 mA
E2 = 9 Volt
W2 = E2 x I2
W2 = 9 x 500 mA
W2 = 9 x 0.5 A = 4.5 Watt

Untuk menghitung besar diameter kawat Primer diketahui W2 = 4.5 Watt :
W1= 1.25 x W2
W1 = 1.25 x 4.5
W1 = 5.625 Watt = 5.6 Watt

Diketahui tegangan listrik 220 Volt, W1 = 5.6 Watt
W1 = I1 x E1
I1 = W1/ E1
I1 = 5.6 / 220 = 0.025 A = 25 mA, besar diameter kawat yang diperlukan dapat dilihat di tabel kawat

Ke artikel - Cara menghitung lilitan kawat Transformator-2

Ref : Diklat BLKI

2 komentar:

  1. MAs mau nanya apakah anda punya buku referensi yang bisa dibaca mengenai induktor secara detil?bagaimana cara melilitnya baik dengan inti ferit atau dengan inti besi?bagaimana cara menghitung nilai induktansi dalam pembuatan induktor..
    trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Mas Zein, maaf untuk buku referensinya.....saya tidak punya buku referensi seperti yang anda maksud,......sebenarnya saya sudah lama ganti profes bidang yang berhubungan dengan elektronika arus lemah. Buku elektronika jaman sekarang ini kualitasnya lebih rendah dari jaman dulu, buku yang anda maksud rasanya sulit untuk ditemukan. Elektronika merupakan bagian perjalanan hidup saya dari bagian masa lalu, saya menulis blog memang sengaja untuk berbagi ilmu dan pengalaman,

      Untuk anda siapa saja boleh membantu untuk Mas Zein !! Trimakasih........

      Hapus

Kritikan dan Saran Anda Penulis butuhkan untuk memperbaiki kualitas blog ini karena blog ini Penulis bertujuan untuk menyampaikan pengalaman dan keahlian khusus untuk generasi Muda, dan jika ada yang salah dalam penulisan Penulis mohon diberitahu benarnya bagaimana, karena Penulis sendiri masih banyak kekurangan.

Penulis ucapkan terimakasih atas kunjungan Anda di blog ini. Untuk pengunjung blog Penulis persilakan untuk ikut memberikan jawaban pada komentator yang menanyakan sesuatu yang dibutuhkan dimana mungkin Penulis kurang memahami atau mungkin belum sempat memberi jawaban, hal ini sesuai tujuan Kita yaitu belajar bersama.

Sekian dan terimakasih banyak dari Penulis.