Senin, 21 November 2011

Pesawat penerima TV-4

Power supply merupakan suplayer arus dan tegangan di semua rangkaian televisi dan tabung CRT, meskipun ada yang secara tidak langsung mengambil dari power supply yaitu mengambil dari Flay back. Arus AC dari jaringan listrik diturunkan dan disesuaikan dengan desain rangkaian TV terdiri beberapa macam tegangan kemudian dirobah menjadi arus DC dengan diode kemudian diratakan dengan elco untuk digunakan mensuplay tiap-tiap bagian rangkaian.

Remote control tempat mengontrol semua fungsi-fungsi peralatan TV, on – off, volume , bass, treble, balance, brightness, bilingual contras mengatur tebal tipisnya warna, memindah Chanel, untuk mengatur input DVD, dan masih ada lagi pengaturan lainnya. Pengontrolan ini sekarang memakai alat tersendiri berupa alat genggam Remote control, yang dilengkapi baterai kecil, pengontrolan ini lewat gelombang inframerah.

CRT (Cathode Ray Tube) merupakan hasil akhir dari semua proses rangkaian elektronik TV yaitu berupa gambar yang bergerak, terdiri dari bermacam macam peralatan pendamping. Yaitu Defleksi Yoke, Flay back, Cincin pemfokus electron. Pada layar tabung bagian belakang tediri dari Electrode ada beberapa bagian yaitu element pemanas disebut juga Heater, pengendali tegangan dari Flay back, tiga Katoda RGB dan socket. Dibagian belakang pada ekor ini socket tabung dipakai untuk menghubungkan komponen - komponen dengan PCB empat persegi, disini ada tiga Transistor Penguat arus dan tegangan untuk menghidupkan tiga katoda RGB, penguatan sinyal pada RGB ini terdapat biasanya lima trimpot untuk membetulkan jika komposisi warna bergeser.

Warna tampilan belang, dipermukaan layar tabung bisa kelihatan tidak sesuai dengan aslinya atau belang-belang pada layar dikarenakan termagnetisir oleh magnet dari luar misalnya dari magnet speaker atau peralatan yang beroperasi dengan gulungan kawat dan magnet, peralatan ini tidak boleh dekat dengan TV, untuk speaker bawaan TV atau speaker khusus untuk TV didesain khusus speaker untuk TV yaitu dibungkus dengan logam khusus berdasar logam Aluminium, jika speaker sembarang didekatkan tabung CRT terjadi termagnetisir bisa juga bentuk permukaan plat didalam CRT berobah bentuk. Sebab belang-belang ini karena tembakan-tembakan electron RGB tidak tepat terganggu oleh magnet, perubahan warna belang karena termagnetisir sepert ini disebut degaussing dan bisa dihilangkan dengan alat anti-degaussing. 

Gulungan kawat yang dibungkus isolator melingkari hampir selebar layar TV merupakan anti-degaussing, di belakang layar kaca dihubungkan dengan listrik hal ini untuk melindungi dan menetralisir jika layar tabung kaca terkena magnet untuk menghilangkan degaussing, jika terlau kuat maka pelindung layar degaussing ini tidak mampu menghilangkan maka diperlukan suatu alat penghilang anti-degaussing.

Model permukaan Tabung CRT
  1. Permukaan Cembung, model awal, permukaan cembung pertama tabung CRT diciptakan dengan tujuan menghilangkan distorsi (cacat) gambar pandangan oleh mata dari arah samping, supaya kelihatan normal.
  2. Permukaan semi Flat, model peralihan untuk perkembangan selanjutnya mulai ada percobaan membuat layar menuju layar datar, dan diciptakan layar semi flat atau semi datar, tujuan utama adalah membuat tabung tampa distorsi (cacat) jika dipandang dari arah samping.
  3. Permukaan Flat ( datar ), model sekarang tehnologi lebih maju dan dapat diciptakan layar CRT datar dengan distorsi pandangan dari arah samping sangat kecil.

Potongan-potongan gambar memanjang horizontal dinamakan Raster yang dikirim lewat pemancar disusun kembali mejadi gambar yang utuh hampir persis seperti aslinya, disinilah tempat terakhir gambar diproses dari berbagai macam komponen dan sistim pengolah gambar didalam rangkaian TV.

Kualitas gambar ditentukan juga oleh resolusi tabung CRT dimana ditentukan banyaknya titik - titik per inchi atau satuan dot per inch dikatakan juga pixel, mutu tabung CRT berpengaruh besar dalam pengolahan hasil gambar, tiap merek produsen TV mempunyai standard kualitas dan jangkauan pemasaran maka harga dan merek sangat berpengaruh untuk kualitas gambar, semakin baik resolosi tabung CRT semakin baik juga gradasi dan warna gambar. Jika anda melihat antara TV yang satu dengan yang lain berbeda kelembutan warna dan bentuk yang lebih hidup dilayar tabung kaca TV, inilah perbedaannya juga perbedaan pada pengolahan gambar dalam rangkaian yang lebih komplek.

Ke artikel - Pesawat penerima TV-1
Ke artikel - Pesawat Penerima TV-2
Ke artikel - Pesawat penerima TV-3

Ke artikel - Trouble_TV@RGB
Ke artikel - Trouble_TV@Horisontal & Vertikal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritikan dan Saran Anda Penulis butuhkan untuk memperbaiki kualitas blog ini karena blog ini Penulis bertujuan untuk menyampaikan pengalaman dan keahlian khusus untuk generasi Muda, dan jika ada yang salah dalam penulisan Penulis mohon diberitahu benarnya bagaimana, karena Penulis sendiri masih banyak kekurangan.

Penulis ucapkan terimakasih atas kunjungan Anda di blog ini. Untuk pengunjung blog Penulis persilakan untuk ikut memberikan jawaban pada komentator yang menanyakan sesuatu yang dibutuhkan dimana mungkin Penulis kurang memahami atau mungkin belum sempat memberi jawaban, hal ini sesuai tujuan Kita yaitu belajar bersama.

Sekian dan terimakasih banyak dari Penulis.