Kamis, 01 November 2012

Power Suply untuk Power Amplifier.

Rangkaian dasar Powersuply seperti gambar dikanan merupakan rancangan yang baik untuk mensuplai rangkaian Power Amplifier berdaya besar. Gulungan sekunder terdiri dari dua gulungan terpisah,  ( + PGND dengan - PGND merupakan CT yang dibentuk dari 2 rangkaian) karena dilengkapi dengan rangkaian peredam untuk frekuensi tinggi dan lebih rata karena dilengkapi dengan Resistor (tahanan) sebesar 2K2./2watt sebagai perata dan berfungsi pembuang muatan listrik DC pada saat Amplifier dimatikan. Juga dilengkapi dengan penghilang frekuensi tinggi dan nois yang biasanya disebabkan oleh solderan dan perkabelan yang kurang baik atau jika ada induksi frekuensi tinggi yang masuk pada rangkaian diredam. Dengan perlengkapan tambahan ini distorsi suara juga semakin kecil, hasilnya beda jika memakai perata 2 Elco yang sering terdapat pada rangkaian PA. 

Gambar rangkaian ini menggunakan gulungan primer satu gulungan sekunder-nya terdiri dari 2 gulungan. Dengan dijadikannya dua gulungan ini sebenarnya bisa mengurangi panas untuk gulungan primer tergantung listrik dirumah berapa Volt yang dibutuhkan. Untuk sekunder dapat disesuaikan Voltase-nya dengan desain Amplifier. Trafo yang baik setiap lapis dipisahkan atau disekat dengan kertas, lapisan kertas dapat dilihat dari atas trafo dan kelihatan jelas jika setiap lapis gulungan ada kertas-nya. Perbedaan dari trafo yang tidak dilapisi kertas adalah jika tidak dilapisi kertas menyebabkan arus pusaran-nya lebih besar dari yang dilapisi kertas, saran jika anda membeli trafo lebih baik beli yang ada lapisan-nya kertas pada setiap lapis lilitan kawat.

Untuk hasil suara yang lebih baik jika anda merakit PA sendiri atau untuk kesenangan (hobi) untuk jalur kiri dan jalur kanan yaitu L & R menggunakan rangkaian trafo yang berbeda, kalau perlu bikin dua box, satu untuk L dan satunya untuk R. Dengan cara setiap jalur PA terpisah ini hasil suara jauh lebih baik jika rangkaian trafo-nya hanya satu dipakai untuk jalur L & R.

Untuk yang lebih maju lagi untuk mengurangi distorsi suara supaya hasil suaranya seperti aslinya (Natural) PA pada penguatan arus suara terpisah dengan penguat sinyal suara (penguat tegangan) , hal ini bisa memberikan kualitas suara yang maksimal karena pada saat arus yang diperlukan besar yang berakibat turunnya voltase atau yang lebih para disebut ngedrop jika amper trafo kurang yang berakibat mengganggu rangkaian yang lain termasuk mengganggu penguat sinyal suara (penguat tegangan) dapat dihindari, dengan cara ini kualitas suara lebih baik.

3 komentar:

  1. Ground ct-nya koq ga ada kemana atuh...

    BalasHapus
  2. +PGND dan -PGND merupakan Ground, model ini lebih baik dari pada menggunakan 4 dioda. Jika memakai 4 dioda ACT-1 dan ACT-2 digabung disatukan menjadi CT.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksud saya dari 2 lilitan sekunder trafo, misal AC-1 digabung dengan AC-1 dari lilitan yang berbeda bila digabung dapat dijadikan CT, ada kesalahan ACT-1 dan ACT-2

      Hapus

Kritikan dan Saran Anda Penulis butuhkan untuk memperbaiki kualitas blog ini karena blog ini Penulis bertujuan untuk menyampaikan pengalaman dan keahlian khusus untuk generasi Muda, dan jika ada yang salah dalam penulisan Penulis mohon diberitahu benarnya bagaimana, karena Penulis sendiri masih banyak kekurangan.

Penulis ucapkan terimakasih atas kunjungan Anda di blog ini. Untuk pengunjung blog Penulis persilakan untuk ikut memberikan jawaban pada komentator yang menanyakan sesuatu yang dibutuhkan dimana mungkin Penulis kurang memahami atau mungkin belum sempat memberi jawaban, hal ini sesuai tujuan Kita yaitu belajar bersama.

Sekian dan terimakasih banyak dari Penulis.