Minggu, 01 Mei 2011

Dasar Rangkaian Catu daya AC menjadi DC volt


Macam rangkaian untuk mengubah arus AC menjadi DC banyak macam-nya tapi yang perlu diketahui dan sangat penting seperti gambar disebelah kanan ini yang paling banyak digunakan pada rangkaian.

Input AC diumpan dari Trafo Adaptor, gambar paling bawah memerlukan Trafo Adaptor yang ada CT-nya yaitu merupakan titik tengah tegangan kembar.

Untuk diode yang menggunakan empat diode bisa digunakan juga Kuprok (Kuprox), terdiri dari empat kaki yang berdaya besar yaitu pemakaian Arus besar biasanya berbentuk segi empat, ada yang dilengkapi logam pendingin berbentuk sirip pendingin, untuk daya yang lebih besar lagi berbentuk segi empat dan di tengahnya ada lubang untuk memasang baut untuk merekat-kan ke pendingin tambahan, lebih baik ditambah pendingin terbuat dari logam Tembaga atau logam Aluminium. Penyaluran panas antar pelat logam kuprok dengan pendingin, lebih baik lagi jika diolesi pasta silikon biasanya berwarna putih atau putih kekuningan.

Untuk daerah operasi Voltase Capasitor, dioda atau Kuprok harus diatas daerah operasional, karena bisa menyebabkan kerusakan komponen, untuk Capacitor (Elco) bisa meledak. Misalnya DC = 12 Volt, Voltase operasional Capasitor harus di atasnya bisa dipasang Capasitor 25 Volt. Jika dipasang 12 Volt akan rusak, apa penyebabnya...setelah arus AC dirobah  menjadi arus DC masih tersisa riak gelombang AC, Tegangan DC naik menjadi kurang lebih 40% Volt dari aslinya atau V(asli) x 1,414 = V, perkalian ini dari sistem yang dipakai jaringan listrik terdiri dari tiga lilitan kawat pada Generator pembangki  Listrik menghasilkan Listrik Volt AC dan ketiga ujung lilitan disatukan dan dihubungkan ke tanah untuk Ground disini tidak terlepas dari perhitungan rumus Segitiga.

Untuk meratakan riak gelombang ini dipakai Resistor, Transistor atau IC supaya benar-benar rata dan riak gelombang AC hilang dengan cara ini DC Volt hampir sama dengan sumber tegangan AC Volt.

Gambar tidak tersambung, dalam pengertian nilainya dapat anda sesuaikan kebutuhan, kapasitas Condencator maupun Voltase-nya.

Output IC regulator ada dua macam Output DC Positif dan Output DC Negatif. Dengan penambahan IC Regulator ini Arus DC menjadi rata, riak gelombang bekas Arus AC  dapat ditekan semaksimal mungkin, sehingga hasilnya jika digunakan untuk mencatu rangkaian hasilnya baik, tidak mendengung.


Klik artikel dibawah ini :

Dasar Rangkaian Catu daya AC menjadi DC volt
Perata DC_IC_1_78xx-79xx
Perata DC_IC_2_78xx-79xx
Perata DC_IC_3_78xx_79xx
Perata Adaptor IC - 7815 x 7915
Gambar dengan : OpenOfficeDraw

38 komentar:

  1. mas, untuk mengubah arus listrik ac 12v ke dc 12v di motor (khusus jalur lampu saja) apakah rangkaian diatas bisa diaplikasikan?

    jika memang bisa, berapa detil nilai masing komponen tersebut khususnya kapasitor?

    maturnuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum pernah merobah arus ac menjadi dc dari motor, listrik pada dasarnya sama dan saya katakan bisa dan anda bisa mencobanya. nilai kapasitornya untuk 12 volt ac bisa dipakai 1000 mikrofarat 16 volt, untuk diode gunakan arus sesuai kebutuhan harus sesuai misalnya 1 amper voltasenya bisa memakai yang 50 volt.

      Untuk menyesuaikan perlu sedikit dirobah jalur positif terdiri dari satu diode satu elco jika mau rata bisa tambah Ic, jalur negatif dari bodi motor. Satu diode merupakan catu daya setengah gelombang, satu gelombang dibuang. Berbeda dengan gambar diatas dari output trafo diumpan kedua-duanya ke diode dan merupakan catu daya gelombang penuh, paling atas dua gelombang positif digunakan dari trafo CT, gambar berikutnya tanpa CT dengan 4 diode gelombang positif dan negatif digunakan, gambar paling bawah tegangan ganda dengan CT, gelombang positif dan negatif digunakan.

      Hapus

      Hapus
    2. maaf mas ikut nyimak ..bisa minta gambaran skema nya gk ,utk yg mengubah 12v ac mjd 12v dc pd motor

      Hapus
  2. Mas.. saya punya amplifier arus DC 12 v , ingin saya nyalakan dg listrik.. bagaimana rangkaianya??
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk Restu WR,ST
      Rangkaiannya jika menggunakan Trafo CT 5 Amper, dua diode sebagai output positif dihubungkan dengan kutup Elco positif nilainya 4.700 mikrofarat dan sebagai output yang dihubungkan dengan kabel positif Amplifier. Sedang CT Trafo dihubungkan dengan negatif Elco dan sebai output dihubungkan dengan kabel negatif amplifier.

      Untuk Trafo tanpa CT menggunakan 4 diode sedangkan Elco dan selanjudnya sama.

      Trafo dipasaran biasanya 5 amper keluarnya dibawah 5 Amper, lihat kawat tembaganya lebih kecil dari ukuran sebenarnya.

      Hapus
  3. mas saya mau merubah arus Ac 220v Menjadi arus DC 12v trafonya yang berapa ampere

    BalasHapus
    Balasan
    1. mamaf terlambat menjawabnya.....pertanyaan kurang lengkap. Beli saja Trafo primer 220 Volt Sekunder 12 Volt hubungkan dengan rangkaian Diode dan Elko. Untuk ampernya disesuaikan dengan berapa watt yang dibutuhkan, pakai rumus Watt = E (voltase) x I (amper).

      Hapus
    2. Jika untuk power amplifier tidak perlu IC, jika untuk preamp pakai IC dan selengkapnya supaya tidak dengung suaranya.

      Hapus
  4. mas rangkaian transistor / resistor / ic d pasang d mana?? soalnya gambar terpisah.. dan klo ada beasarannya,,tlg d sertakan.. thanks sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. lihat gambar terpisah urutannya itu tinggal menghubungkan saja mana yang diperlukan, besarannya menurut keperluan gambar itu gambar dasar yang dapat dimodifikasi dan sesuai keperluan, semua memerlukan hitungan sederhana, contoh untuk doide diperlukan arus 2 amper pada tegangan 12 Volt untuk kebutuhan ini beli saja dipasaran yang amper dan Voltasenya lebih dari keperluan diatas, doide beli yang 3 ampere, dan beroperasi daerah tegangan 25 V atau dapat juga beli yang 50 Volt. Kenapa kok harus beli dengan keperluan yang lebih tinggi ? Jika bekerja pada arus maksimum maupun tegangan maksimum supaya selamat atau tidak rusak.

      Hapus
  5. Mas klo charger laptop ac d diubah menjadi dc untuk charger aki bisa ga ya ??

    BalasHapus
  6. Sebenarnya bisa dan ada persaratan kusus yaitu amper & voltasenya tidak boleh lebih dari ukuran standart, kalau lebih baterainya dapat rusak. Untuk mengubah ini, jika para Komentator ada yang punya pengalaman mengubah dapat urun rembuk, Terimakasih !

    BalasHapus
  7. ni ane pynya ampli 220 ac .cara merubah jadi dc ...pada akki motor gimana rangkaianya.....mohon bantuan nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf pertanyaan kurang jelas.....
      Kalau ampli ac menjadi dc diperlukan rangkaian pembangkit tegangan AC pakai transistor berdaya yang diperlukan, karena pada umumnya sekarang ampli sumber tegangannya pakai CT.
      Jika ampli kecil hanya 12 Volt tinggal memutus kabel positif dan disambungkan ke pisitif akki dan Negatif dhubungkan dengan Negativ.

      Hapus
  8. Om saya punya ampli 220vac cara supaya bisa dipake dimobil dengan aki 12vdc ( tanpa inverter ) gimana?

    Ada pin bbm / wa?

    BalasHapus
  9. Om saya punya ampli 220vac cara supaya bisa dipake dimobil dengan aki 12vdc ( tanpa inverter ) gimana?

    Ada pin bbm / wa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf saya tidak tahu soalnya amplifiernya tidak disebutkan konsumsi catu dayanya, untuk yang bisa mohon untuk dibantu jika ketentuan berbeda dengan yang saya tulis di bawah ini.
      Kalau catu daya amplifiernya 12 V dc tinggal nyambung kabel dengan cara dimasukkan lewat kabel positif dan negatif, jangan terbalik.

      Hapus
  10. Ada pin bbm dan no. Wa atau line gitu?

    BalasHapus
  11. Mas mau nanya q punya display deep rpm tapi inputy 220v/ac mau q rubah ke aki motor gimana caray

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf saya tidak tahu keterangan kurang, bagi anda yang tahu mohon diberitahu untuk Joko Ashter

      Hapus
  12. Maaf kang mau tanya ni boleh,,, saya punya travo 5a saya pasang elco 1 dioda 1 buat power mobil di pasang di rumah tpi ko ga ada strumnya ya tlng pnyjlsannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. travo 12 volt 5 amper dibutuhkan untuk power mobil, jika watnya besar dibutuhkan amper lebih besar, jika trafo tanpa ct dibutuhkan 4 diode, untuk amper diode supaya disesuaikan. Rangkaian 4 diode dan satu elco sekitar 5000 farat/25 volt dibutuhkan dan diode 5 maper 50 votl dibutuhkan. klik link ini dan pelajari https://elektronikado.blogspot.co.id/2011/05/dasar-rangkaian-catu-daya-ac-menjadi-dc.html

      Hapus
  13. Maaf kang mau tanya ni boleh,,, saya punya travo 5a saya pasang elco 1 dioda 1 buat power mobil di pasang di rumah tpi ko ga ada strumnya ya tlng pnyjlsannya

    BalasHapus
  14. Mohon bantuan Mas. Speker aktif saya masih bagus,saya mau pasang di mobil, sdh saya buka di trafonya ada 3 kabel yg masuk ke kemponen. Dua biru dan satu kuning, di PCB 4031.out put 60w Sub: 30w(rms)+30w(rms)
    PMPO:3000w: sub 2000w rms +2000w rms
    Power suplay:AC 220v 60Hz.
    Gimana cara merobahnya arus AC jadi DC... Yang mana kabel Plusnya... Agar gak kebalik waktu pemasangannya. Makasih mas sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Voltase untuk mobil 12 volt, jika speaker aktif dc 12 volt dapat dipasang do mobil jika diluar itu tidak dapat. penjelasan kurang untuk dan sebagai ancer ancernya dari penjelasan,kabel plusnya setelah melewati diode. Kalau dua kabel warna biru ke masuk ke dalam 2 diode terus masuk dan bertemu terus ke rangkaian itu merupakan dc positif. dan satu kabel kuning itu negatif. Untuk dijadikan dc dari aki mobil caranya kabel semua dicopot dan jangan keliru kabel biru masukkan dc positif dan kabel kuning negatif atau ground. jika terbalik tidak akan bunyi tapi tidak sampai terbakar karena masuk sebelum diode yaitu masuk dari kabel trafo. Untuk watt itu asal tulis, kalau sampai ribuan watt PMPO maupun rms seperti yang tertulis, berat tarafonya saja sudah puluhan kilo belum plat pendingin transistornya + kipas pendingin dan lainnya, anda mungkin tidak dapat mengangkat sendiri tapi memerlukan bantuan orang lain.

      Hapus
  15. MAS SAYA MAU MENYEARAHKAN 220 VAC KIRA2 SAYA PAKAI DIODA BRAPA DAN KAPASIORNYA BRAPA uF????/
    MOHON BANTUANYA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau tanpa ct gunakan 4 diode sedangkan jika dengan ct gunakan 2 diode seperti rangkaian diatas. Untuk amper diode disesuaikan dengan kebutuhan wattnya. dan voltasenya untuk diode gunakan yang 500 volt dan ampernya disesuaikan dengan kebutuhan, untuk elco besarnnya juga disesuakan dengan watt yang dibutuhkan voltasenya gunakan diatas 350 volt.

      Hapus
  16. Mo tanya gan
    Sy merubah sistem listrik dirumah sy khusus bwat penerangan sy rubah dr tegangan ac 22o dg menggunakan adaptor 5 ampere murni
    Kira dr sisi efisien pengaruh ga
    Truss..adaftor 5 ampere mampu untuk brp waat dc

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk menghemat listrik sekarang sudah ada bola lampu LED, keluaran baru untuk penerangan ini hemat listrik saya sekarang untuk penerangan rumah pakai bola lampu LED. seperti pertanyaan anda jawabannya adalah pakai trafo mengalami kerugian energi listri menjadi panas pada induksi tarafo di plat trafo dan menyebar diudara sekitarnya. untuk wattnya, amper x volt = watt jadi saya tidak dapat menjawab karena tidak tahu berapa volt trafo adaptor anda. Jadi untuk hemat listrik tidak perlu merobah arus sc menjadi dc tapi ganti saja dengan lampu LED untuk penerangan rumah. Lampu LED agak mahal dibanding dengan lampu lain, beri merek yang sudah baik dan dikenal.

      Hapus
  17. Maaf gan mau tanya saya punya power ampli mobil sigle chanel 12-VDC

    Saya bikinin PSU pakai trafo 12V CT 12V 5A

    Tapi setelah saya coba kok speakernya dengung (Nois) jadi kurang enak di dengar

    Kira " apa ya yg bermasalah..?

    Maturnuwon

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus dibikin bagian CT menjadi negatif dan kedua ujung 12 Volt pada Trafo dihubungkan ke masing-masing Negatif satu diode...disini memakai ada 2 diode, sedangkan pada bagian positif diode dijadikan satu setelah itu dihubungkan ke bagian positif Elco menjadi DC Positif, sedangkan negatif Elco dihubungkan ke CT pada trafo ini merupakan output negatif, sehingga keluaran menjadi DC Positif dan Dc Negatif.

      Hapus
    2. kemungkinan penyebabnya sbb;

      1. Perata bagian awal PA kurang rata sehingga menggagu jadi dengung yang terdengar suara frekwensi riak gelombang listrik 50 Hz yang tidak rata. Letakkan transistor penguat awal jauh dari trafo karena kalau dekat dengantrafo akan kena imbas induksi listri demikian juga kabel jenis RCA jangan dekatkan dengan dengan trafo dan jangan berpotongan tidak dekat dengan kabel listrik.
      2. Nois suara seperti desis penyebabnya kabel yang tidak rapi atau simpang siur, rapikan kabel dapat juga kabel input tidak baik kabel ini harus kabel jenis RCA atau satu kabel di tengah dikelilingi oleh kabel serabut yang banyak.
      3. Kusus kabel RCA usahakan tidak saling bersilangan dengan kabel-kabel lain.

      https://elektronikado.blogspot.co.id/2012/08/tata-letsk-dan-perkabelan-power.html#comment-form

      Hapus
  18. kemungkinan penyebabnya sbb;

    1. Perata bagian awal PA kurang rata sehingga menggagu jadi dengung yang terdengar suara frekwensi riak gelombang listrik 50 Hz yang tidak rata. Letakkan transistor penguat awal jauh dari trafo karena kalau dekat dengantrafo akan kena imbas induksi listri demikian juga kabel jenis RCA jangan dekatkan dengan dengan trafo dan jangan berpotongan tidak dekat dengan kabel listrik.
    2. Nois suara seperti desis penyebabnya kabel yang tidak rapi atau simpang siur, rapikan kabel dapat juga kabel input tidak baik kabel ini harus kabel jenis RCA atau satu kabel di tengah dikelilingi oleh kabel serabut yang banyak.
    3. Kusus kabel RCA usahakan tidak saling bersilangan dengan kabel-kabel lain.

    https://elektronikado.blogspot.co.id/2012/08/tata-letsk-dan-perkabelan-power.html#comment-form

    BalasHapus
  19. Mas saya mau tanya, jika kita menyearahkan listrik ac dengan dioda biasa (misalnya 4 buah dioda, masing-masing 6 ampere) apakah 4 buah dioda tersebut mampu menampung arus 24 ampere ? Atau tetap 6 ampere?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetap 6 Ampere, masing-masing didoa meneruskan 6 amper secara bergantian sesuai dengan gelombang sinus listrik 50 Hz.

      Hapus
  20. Maaf mas ingin bertanya kalo merubah arus dari trafo ac 9 v, menjadi dc 12 v gimna mas terimakasih mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu merobah Voltase bukan merubah Arus. Kalau tidak ada deretan angka 0 sampai 12 Volt pada Trafo ya tidak dapat karena setiap Voltase pada Trafo memerlukan beberapa lilitan sesuai dengan lebar tetas besi pada lilitan. Untuk merobah dari AC ke DC diperlukan rangkaian dioda dan Elco yang sesuai.

      Hapus

Kritikan dan Saran Anda Penulis butuhkan untuk memperbaiki kualitas blog ini karena blog ini Penulis bertujuan untuk menyampaikan pengalaman dan keahlian khusus untuk generasi Muda, dan jika ada yang salah dalam penulisan Penulis mohon diberitahu benarnya bagaimana, karena Penulis sendiri masih banyak kekurangan.

Penulis ucapkan terimakasih atas kunjungan Anda di blog ini. Untuk pengunjung blog Penulis persilakan untuk ikut memberikan jawaban pada komentator yang menanyakan sesuatu yang dibutuhkan dimana mungkin Penulis kurang memahami atau mungkin belum sempat memberi jawaban, hal ini sesuai tujuan Kita yaitu belajar bersama.

Sekian dan terimakasih banyak dari Penulis.