Rabu, 14 November 2012

Kreatif, meningkatkan kualitas suara audio

Untuk meningkatkan suara audio kita mengambil beberapa langkah untuk merubah dari kualitas suara yang kurang baik menjadi suara yang lebih baik, nah kali ini kita akan membicarakan dan langkah apa saja yang dapat kita lakukan pada preamp atau amplifier dan peralatan lainnya. Biaya pasti diperlukan untuk merubah meningkatkan kualitas suaranya.

Langkah pertama yang bisa kita lakukan jika kita ingin peralatan yang kita beli supaya menghasilkan suara yang lebih baik dari aslinya adalah kita harus mengerjakan beberapa pekerjaan, diantaranya adalah kita perhatikan kabel-kabel yang dipakai, jika peralatan mahal dan kualitasnya baik tidak perlu mengganti komponen dan kabel bagian dalam, kita hanya perlu mengganti kabel-kabel penghubung kabel bagian luar untuk koneksi kabel RCA dan Jack RCA. Mengapa kok bagian dalam tidak kita otak-atik ? Untuk peralatan yang mahal distorsi komponennya kecil kualitasnya lebih dari yang berada di pasaran, maka Saran penulis cukup memperhatikan kualitas kabel yang berada bagian luar dan jangan mengganti satupun komponen yang berada didalamnya. Timah solder agar dipakai timah bercampur logam Perak dan solder-lah yang rapi.

Sedangkan untuk peralatan yang sedang-sedang saja dapat kita tingkatkan kualitas suaranya dengan jalan mengganti jenisd komponen tertentu saja tidak perlu kita ganti semuanya, juga pada bagian tertentu misalnya kondensator (elco) ada juga yang kita perlu kita ganti. Toleransi resistor (tahanan) pada peralatan yang biasa 5% dapat kita ganti semuanya atau sebagian saja pada jalur yang penting terutama pada daerah penguatan yang besar (gain besar) pada  rangkaian didalam. Pergantian yang berkualitas toleransi 1% atau dibawah-nya dan biasanya berwaena hijau matang atau hijau kebiruan. Watt  resisitor perlu diperhatikan jangan sampai diganti watt yang lebih kecil, kalau lebih kecil wattnya akan terbakar yang berakibat juga rusaknya Transitor atau IC.

Untuk Elco bagian yang penting-penting saja kita ganti kualitas yang lebih baik misal nya pada input dan output preamp yaitu semua jalur pengolahan jalannya sinyal kita ganti, bisa ada beberapa elco atau kondensator. Jika anda kesulitan membaca rangkaian cukup kondensator input dan output-nya saja dan untuk power amplifier cukup bagian inputnya saja.

Untuk IC atau Transistor tidak perlu kita ganti karena dipasaran kebanyakan kualitasnya dibawah dari yang berasal dari Produsen peralatan, yaitu noisnya lebih besar. Sedang yang asli dari produsen peralatan nois-nya lebih kecil dan distorsinya lebih kecil dari yang beredar dipasaran. Kualitas transistor dan IC dari bawaannya lebih baik dari yang berada di pasaran. Jangan lupa solderlah yang baik dan juga Timah Perak harus digunakan.

Untuk mengambil timah dari PCB harus hati-hati jika tidak berhati-hati bisa menyebabkan terkelupasnya PCB pada solderan, gunakanlah peralatan yang baik Solderan yang bermata Kristal dan Alat sedotan timah yang baik. jika Anda belum terbiasa atau sudah lama tidak melakukan pekerjaan mengambil timah dari PCB berlatih dulu dengan bahan bekas. setelah terbiasa lagi baru dimulai, penyesuaian bisa berlatih beberapa jam. Sekian dari penulis dan jika anda punya keinginan merubah peralatan audio anda bisa mencoba dari saran penulis ini dengan hasil yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritikan dan Saran Anda Penulis butuhkan untuk memperbaiki kualitas blog ini karena blog ini Penulis bertujuan untuk menyampaikan pengalaman dan keahlian khusus untuk generasi Muda, dan jika ada yang salah dalam penulisan Penulis mohon diberitahu benarnya bagaimana, karena Penulis sendiri masih banyak kekurangan.

Penulis ucapkan terimakasih atas kunjungan Anda di blog ini. Untuk pengunjung blog Penulis persilakan untuk ikut memberikan jawaban pada komentator yang menanyakan sesuatu yang dibutuhkan dimana mungkin Penulis kurang memahami atau mungkin belum sempat memberi jawaban, hal ini sesuai tujuan Kita yaitu belajar bersama.

Sekian dan terimakasih banyak dari Penulis.