Rabu, 17 Agustus 2011

Perata Adaptor IC - 7815 x 7915

Cara kerja rangkaian

Diode sifatnya meneruskan tegangan dan arus satu arah, jika pada input kita masukkan gelombang arus AC maka yang diteruskan hanya separuh gelombang, jika arus dan tegangan AC kita masukkan pada tanda negatif dioda lihat gambar maka yang akan keluar adalah separuh sinyal AC positif dan jika kita balik pada tanda positif dioda kita masukkan arus AC maka pada keluaran akan mengeluarkan separuh sinyal arus dan tegangan AC negatif.  Dengan cara ini  arus dan tegangan sinyal AC berobah menjadi Arus dan tegangan DC yang masih bekerut bentuknya separuh gelombang positif keluar dari tanda dioda positif dan separuh gelombang negatif  keluar dari tanda dioda negatif .


Gambar-1 Atas merupakan
tiga gambaran Arus DC positif
arus gelombang AC peratan gelombang penuh,
gambar ini keluar dari positif dioda
kemudian diratakan dengan ELCO dan terakhit
diratakan dengan IC merupakan Arus DC ideal
Gambar-2 Untuk arus DC negatif keluaran dioda negatif
prosesnya sama dengan gambar-1
Penggunaan empat dioda adalah setiap ada gelombang akan dirobah menjadi dua macam arus dan tegangan searah positif dan negatif terus menerus, yaitu pada satu ujung lilitan sekunder tranformator penurun tegangan bergantian sinyal positif dan negatif dengan dipakainya empat dioda ini maka rangkaian penyearah tegangan ini lebih rata karena tidak ada gelombang AC yang terbuang baik yang positif atau yang negatif lihat gambar. Untuk kebutuhan perata ini tegangan operasi diode harus 50 Volt keatas.

Fungsi kondensator Elektrolik yalah sebagai perata tegangan dan arus DC yang masih berkerut untuk diratakan, sifat dari kondensator elco ini adalah menyimpan dan membuang muatan, setelah elco isinya penuh akan membuang muatannya dan juga meneruskan Arus AC jadi berfungsi juga mem-baypass gelombang listrik 50Hz ke ground, dari sifat ini maka arus dan gelombang menjadi lebih rata, tetapi akan mengalami kenaikan tegangan kurang lebih 40% dari tegangan asli AC yang dirobah menjadi DC diukur tanpa beban, untuk elco ini dibutuhkan minimal 35 Volt dan bisa digunakan elco 50 Volt.

Untuk kebutuhan 0.5 Amper bisa digunakan elco 1000 µF dan untuk 1.5 Amper bisa digunakan 3300 µF, pada gambar C1 dan C3, untuk nilai C2 dan C4 nilainya 0.33 µF sampai 0.1 µF kebutuhan tegangan operasi elco antara  35 Volt sampai 50 Volt.

Fungsi IC adalah untuk meratakan supaya arus benar-benar rata menjadi DC murni, untuk keperluan penguat preamplifier IC tipe ini sudah cukup uintuk menghilangkan suara dengung yang berasal dari frekwensi jala-jala listrik. Untuk IC dengan kode huruf  S bisa beroperasi sampai 2 Amper, contoh 78S15, jika tidak ada kode huruf S ditengah hanya sampai Arus maksimal 1.5 Amper. Untuk kebutuhan maksimal IC harus dipasang sirip pendingin aluminium atau tembaga untuk menghindari kerusakan yang disebabkan oleh panas karena melebihi kekuatan IC.

C2, C4 ,C6. C8 berfungsi untuk mem-bypass frekwensi tinggi ke-ground supaya tidak menggangu rangkaian yang akan disuplay tegangan karena jika ada induksi frekwensi tinggi walau tidak terdengar oleh telinga akan menurunkan kualitas suara audio terutama suara treble. Dipasangnya nilai kapasitor kecil ini juga menambah perbaikan suara treble yaitu karena pada penguatan frekwensi tinggi lebih stabil tidak terganggu fluktuasi tegangan suara treble karena di-bypass C, nilai C ini berkisar antara 0.33 µF sampai 0.1 µF Untuk C5 dan C7 nilainya bisa antara 10 µF sampai 220 µF


Klik artikel dibawah ini :

Dasar Rangkaian Catu daya AC menjadi DC volt
Perata DC_IC_1_78xx-79xx
Perata DC_IC_2_78xx-79xx
Perata DC_IC_3_78xx_79xx
Perata Adaptor IC - 7815 x 7915
Gambar dengan : OpenOfficeDraw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritikan dan Saran Anda Penulis butuhkan untuk memperbaiki kualitas blog ini karena blog ini Penulis bertujuan untuk menyampaikan pengalaman dan keahlian khusus untuk generasi Muda, dan jika ada yang salah dalam penulisan Penulis mohon diberitahu benarnya bagaimana, karena Penulis sendiri masih banyak kekurangan.

Penulis ucapkan terimakasih atas kunjungan Anda di blog ini. Untuk pengunjung blog Penulis persilakan untuk ikut memberikan jawaban pada komentator yang menanyakan sesuatu yang dibutuhkan dimana mungkin Penulis kurang memahami atau mungkin belum sempat memberi jawaban, hal ini sesuai tujuan Kita yaitu belajar bersama.

Sekian dan terimakasih banyak dari Penulis.