Kamis, 04 Agustus 2011

Perata DC_IC_1_78xx-79xx



Rangakaian perata menggunakan IC sangat baik sekali karena bisa menghilangkan bunyi dengung yang diakibatkan kurang ratanya tegangan dan arus yang disuplai dari jala-jala listrik. Jaringan listrik arus AC nenggunakan frekwensi antara 50 Hz sampai 60Hz. frekwensi ini berada pada jangkauan frekwensi pendengaran manusia, maka jika perataan kurang rata bisa ikut diperkuat oleh preamplifier untuk diproses sampai di Speaker hingga dapat kita dengarkan. Untuk mendapatkan suara yang berkualitas diperlukan perataan yang bermutu, salah satunya yaitu memakai IC.

Pada rangkaian gambar ini menggunakan transformator dengan CT atau menggunakan dua tegangan keluaran simetris, contoh terdapat angka 15 - 12 - 6 - CT -6 -12 - 15 , cara menghubungkan dari skema adalah CT dihubungkan ke CT dan AC volt dihubungkan ke angka-angka Voltase yang dibutuhkan.

Selanjutnya diolah oleh diode untuk dijadikan arus DC dan diratakan oleh kondensator Elco C1 dan C3 nilainya ribuan mikrofarad dan kondensator bernilai kecil terus diratakan oleh IC yang dibantu juga pada output dengan kondensator Elco tang nilainya jauh lebih kecil dari Elco sebelumnya yaitu C5 dan C7 nilainya ratusan mikrofarad, untuk nilai C2, C4, C6, C8 nilainya sama untuk mem-baypass frekwensi tinggi biasanya 0,1 µF.


Klik artikel dibawah ini :

Dasar Rangkaian Catu daya AC menjadi DC volt
Perata DC_IC_1_78xx-79xx
Perata DC_IC_2_78xx-79xx
Perata DC_IC_3_78xx_79xx
Perata Adaptor IC - 7815 x 7915
Gambar dengan : OpenOfficeDraw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritikan dan Saran Anda Penulis butuhkan untuk memperbaiki kualitas blog ini karena blog ini Penulis bertujuan untuk menyampaikan pengalaman dan keahlian khusus untuk generasi Muda, dan jika ada yang salah dalam penulisan Penulis mohon diberitahu benarnya bagaimana, karena Penulis sendiri masih banyak kekurangan.

Penulis ucapkan terimakasih atas kunjungan Anda di blog ini. Untuk pengunjung blog Penulis persilakan untuk ikut memberikan jawaban pada komentator yang menanyakan sesuatu yang dibutuhkan dimana mungkin Penulis kurang memahami atau mungkin belum sempat memberi jawaban, hal ini sesuai tujuan Kita yaitu belajar bersama.

Sekian dan terimakasih banyak dari Penulis.