Kamis, 23 Agustus 2012

Model bias

Bias basis, transistor ini tegangan bias basisnya normal transistor silikon sebesar 0.7 volt, jika diluar tegangan tersebut berarti transistor tidak hidup dan tidak dapat digunakan.

VBB = juga bisa dikatakan Vcc
VEB = tegangan emitor basis sebesar 0.7 volt untuk transistor silikon dan untuk germanium 0.2 volt.
VEC = Tegangan voltase Emitor Kolektor
VRb = Tegangan voltase Resistor Basis, V = IR
VRc = Tegangan voltase Resistor  Kolektor, V = IR
IB = Arus Basis.
IE = Arus Emitor.
IC = Arus Kolektor.
B = Beta adalah penguatan transistor.

Dasar bias transistor ini biasa dipakai pada penguat
arus power amplifier.
Dasar bias transistor disamping kiri ini basa dipakai pada penguatan sinyal suara yang sederhana pada preamplifier.
Bias transistor ini juga biasanya dipakai pada penguatan awal atau preamplifier. Pemahaman dasar ini perlu sekali karena untuk membaca rangkaian dan cara kerjanya penting untuk dapat menemukan kerusakan atau kelainan pada rangkaian. Kalau kita dapat membaca rangkaian yang kita hadapi maka dengan cepat dapat kita temukan kerusakannya dan dapat memperkirakan penyebab kerusakannya.

Dasar dasar seperti ini penting artinya bagi yang hobi maupun yang akan terjun menjadi tukang servis, dengan kemampuan bisa membaca cara kerja rangkaian kita dapat memperkirakan dari tes suara atau amplifier pada saat peralatan dihidupkan.

Jika amplifier atau peralatan lain kita hidupkan terjadi konslet maka sebaiknya kita mencabut atau langsung mematikan peralatan karena jika dibiarkan akan memperparah tingkat kerusakannya. Konsleting ini dapat kita cari dengan menggunakan Avometer tanpa adanya arus listrik dengan menggunakan pakai jarum
Ohm-meter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kritikan dan Saran Anda Penulis butuhkan untuk memperbaiki kualitas blog ini karena blog ini Penulis bertujuan untuk menyampaikan pengalaman dan keahlian khusus untuk generasi Muda, dan jika ada yang salah dalam penulisan Penulis mohon diberitahu benarnya bagaimana, karena Penulis sendiri masih banyak kekurangan.

Penulis ucapkan terimakasih atas kunjungan Anda di blog ini. Untuk pengunjung blog Penulis persilakan untuk ikut memberikan jawaban pada komentator yang menanyakan sesuatu yang dibutuhkan dimana mungkin Penulis kurang memahami atau mungkin belum sempat memberi jawaban, hal ini sesuai tujuan Kita yaitu belajar bersama.

Sekian dan terimakasih banyak dari Penulis.